Google Drive



PENGERTIAN

Kemajuan dunia teknologi yang tiada hentinya membuat adanya berbagai macam alat bantu bagi Anda dalam menunjang aktivitas setiap harinya. Dari urusan sekolah hingga pekerjaan, semuanya ditopang teknologi.

Google, sebagai salah satu raksasa perusahaan teknologi dunia, juga terus memberikan inovasi yang efek positifnya dirasakan oleh masyarakat luas. Salah satu teknologi ciptaan Google yang saat ini sangatlah membantu dalam dunia pekerjaan adalah Google Drive.

Google Drive adalah layanan untuk menyimpan dokumen atau file secara gratis berbasis internet yang dikembangkan dan diperkenalkan oleh Google pada tanggal 24 April 2012. Di dalam Google Drive, ada maksimal kapasitas file yang bisa Anda gunakan, sebesar 15GB. Jika Anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar, Anda bisa mendapatkannya dengan berbayar.

Untuk dapat memanfaatkan fitur google drive kita harus memiliki email google terlebih dahulu. Google Drive juga terkoneksi dengan layanan Google lainnya yang biasa dipakai di dunia pekerjaan seperti Google Docs, Google Sheets, Google Slides, dan yang lainnya. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk dekstop (komputer) ataupun smartphone. Google drive bisa diibarakan seperti memori internal pada HP yang terdapat pada internet.

Sementar itu, kita dapat menyimpan, mengedit dan mengambil file dari google drive dengan catatan perangkat komputer atau smartphone harus terhubung dengan jaringan internet.


FUNGSI GOOGLE DRIVE


  • Untuk Menyimpan File
    Fungsi utama Google Drive adalah sebagai media penyimpanan data. Dengan Google Drive kita dapat menyimpan data dalam bentuk dokumen(*pdf,*docx,*xlsx dll), gambar(*jpg,*png, dll) ataupun audio video (*mp4,*mp3, dll)
  • Berbagi File
    Dengan menggunakan Google Drive kita dapat berbagi file secara langsung tanpa perlu melakukan konfigurasi konfigurasi yang rumit. Kita dapat berbagi file secara langsung dengan mengundang pengguna lain melalui Link yang kita berikan.
  • Edit File
    Kita dapat melakukan editing data langsung tanpa harus mengunduhnya. Google Drive mendukung fitur edit data teks yang terhubung dengan google spreadsheet. aplikasi tersebut berfungsi mirip seperti ms word atau excel hanya saja berbentuk online tanpa harus melakukan instalasi software.
  • Melakukan BackUp Data
    Sebetulnya ini sama seperti poin pertama, Google drive digunakan untuk membackup data baik itu data yang ada di komputer ataupun perangkat lunak lainnya.


MASUK KE GOOGLE DRIVE

Seperti yang sebelumnya disebutkan Google Drive dapat di akses melalui Smartphone (HP) ataupun menggunakan komputer/laptop. Bagi pengguna android Google Drive sudah tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat di download di Playstore. Sedangkan untuk versi dekstop/komputer dapat diakses melalui alamat berikut ini https://drive.google.com/ .

Tampilan awal Google Drive Di Dekstop/Komputer


Tampilan awal Google Drive di Smartphone / Handphone


Dalam google drive versi smartphone terdapat menu Beranda, Berbintang, Dibagikan, dan Files







0 komentar:

Posting Komentar