[Presentasi Video] Screen Recording


SCREEN RECORDING

Screen recording adalah merekam tampilan yang tampak di layar atau piranti keluaran visual lainnya. Biasanya ini adalah suatu gambar digital yang ditangkap oleh aplikasi perekam layar  yang dijalankan pada komputer, walaupun dapat pula dihasilkan oleh kamera atau piranti yang menangkap keluaran video dari komputer.
Screencast   O   Matic   adalah   sebuah   aplikasi   berbasis   Java   yang digunakan untuk membuat screencasts pada sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. Screencast O Matic memberikan layanan software gratis yang memungkinkan pengguna untuk merekam semua tampilan dan gerakan pada layar monitor. Baik gerakan krusor dan klik indikator, mudah untuk digunakan, dapat menambahkan keterangan atau komentar dengan mudah.


Menggunakan Scressn Cast O Matic

Aplikasi dapat langsung digunakan tanpa harus memerlukan registrasi. Ketika membuka aplikasi maka akan muncul tampilan sebagai berikut ini. Kemudian klik Use FREE version.


Tampilan awal aplikasi akan seperti gambar dibawah ini. Perhatikan menu – menu yang ada pada aplikasi Sreen O Matic pada gambar dibawah ini :

Keterangan masing masing fungsi menu.
Keterangan
Nama Objek
Objek
Berfungsi untuk mulai merekam dan membuat video

Tombol record


Berfungsi untuk menghentikan perekaman sementara dan dapat melanjutkan merekam layar yang sedang berlangsung.




Tombol pause







Berfungsi untuk mengaktifkan MIC  pada  Screencast  O Matik.  Bila  suara  sudah masuk indikator suara akan bergerak maju mundur.



Tombol suara

(sound)





Berfungsi untuk mengatur ukuran    layar pada saat merekam layar.
 Tombol ukuran layar




Berfungsi untuk mengaktifkan web   cam   yang   ada   pada komputer /laptop


Tombol web cam




Berfungsi   untuk   mengulang proses merekam layar bila merasa video yang direkam sebelumnya kurang memuaskan.



Tombol restart






Berfungsi     untuk     menutup
program Screencast O Matic sebelum  mulai  merekam layar.


Tombol close





Berfungsi     untuk     menutup program Screencast O Matic setelah proses perekaman selesai.


Tombol done






Untuk  memulai  proses  perekaman  layar  lakukan  langkah-langkah berikut:
a.       Tekan atau klik tombol record kemudian tunggu sampai tulisan di layar bertuliskan Go. Jangan kuatir bila gambar dari web cam Anda tidak mucul dalam layar karena secara sistem gambar dari web cam akan disembunyikan
b.      Mulailah melakukan aktifitas dikomputer yang ingin direkam
c.       Untuk menghentikan proses rekaman sementara tekan tombol Pause , sedangkan untuk mengulang perekaman layar jika dianggap belum sesuai pilih tombol Restart

d.      Setelah proses rekaman selesai pilih tombol Done  , Anda akan  dihadapkan  ke  menu  penyimpanan  file  seperti  gambar berikut:

e.       Untuk melihat hasil rekaman tekan tombol Play seperti yang ditunjukkan pada kotak merah di atas. Jika sudah dirasa cukup simpan file sesuai dengan pilihan:
  Publish to Screencast O Matic : menyimpan file pada web Screencast O Matic, hasilnya dapat dilihat oleh masyarakat umum bila komputer Anda terhubung dengan internet.
  Publish  to  Youtube  :  menyimpan  file  pada  server  web Youtube, hasil rekaman dapat dilihat atau ditonton oleh pengguna Youtube.
 Publish to Video file : menyimpan pada media penyimpanan lokal, seperti hardisk atau flashdisk

DEMIKIAN MATERI TENTANG PENGAMBILAN GAMBAR PADA PRESENTASI VIDEO
UNTUK KEMBALI PADA MATERI UTAMA PRESENTASI VIDEO SILAHKAN KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ATAU KLIK DISINI


0 komentar:

Posting Komentar