Pelaksanaan Tes TOEIC di SMK N Karangpucung Tahun 2018


Bahasa Internasional yang berlaku saat ini adalah bahasa Ingris. Pelajaran bahasa Inggris sudah mulai diterapkan dari pendidikan jenjang paling dasar yaitu Sekolah Dasar (SD), dan diajarkan terus sampai pada tahap Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Diharapkan setelah lulus nanti siswa sudah menguasai bahasa Inggris dan biasa mempraktekannya di kehidupan sehari - hari.



Pengukuran penguasaan Bahasa Inggris dapat didapatkan dari beberapa tes soal, yang mana apabila siswa memiliki nilai yang baik maka akan mendapatkan sebuah sertifikat sebagai bukti siswa telah menguasai Bahasa Inggris.

International Test Center (ITC) merupakan salah satu organisasi yang menyediakan layanan berupa pembelajaran dan sertifikasi internasional yang akurat serta terpercaya dan pelatihan untuk masyarakat. ITC senantiasa mendukung dan berkontribusi untuk meningkatkan rasa percaya diri sebagai individual, organisasi dan bagian dari komunitas global.

Dalam rangka peningkatan daya saing lulusan SMK, Direktorat Pembinaan SMK memberikan kesempatan bagi siswa SMK untuk memperoleh “Bantuan Sertifikasi internasional TOEIC”. Dalam pemberian sertifikat ini pemerintah bekerja sama dengan ITC sebagai penyelenggaran ujian TOEIC.

TOEIC (Test of English as Foreign Language) merupakan suatu tes bahasa Inggris yang dirancang khusus untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris sehari-hari orang-orang yang bekerja di lingkungan internasional. Tes ini di anggap cocok untuk anak SMK karena lulusan SMK diharapkan dapat langsung bekerja, apalagi ditahun sekarang ini bekerja tidak hanya bisa dalam negeri Indonesia namun juga bisa langsung bekerja di luar negeri.

SMK Negerikarangpucung pun tidak ketinggalan untuk berpartisipasai. Sebanyak 100 siswa mengikuti rangkaian kegiatan yang diberi nama SMK ENGLISH CHALLENGI 2018. Tahapan pertama yang dilakukan adalah simulasi. Program yang digunakan untuk simulasi adalah program VIERA PRACTICE 2018. Setelah simulasi selesai maka akan dilanjutkan dengan Selesti TES TOEIC yang menggunakan program VIERA SELECTION 2018. Tes dilakukan pada tanggal 7 Agustus 2018 bertempat di laboratorium komputer 1 dan laboratorium komputer 2. Dalam tes tersebut yang bertugas sebagai proktor adalah bapak Lilik Aji Permana, S.Pd dan bapak Subianto, S.Pd.i. Pengumuman hasil tes ini dilaksanakan pada bulan oktober 2018.



Siswa yang lulus pada tahap seleksi maka berhak untuk mengikuti TES TOEIC. TES TORIC ini menggunakan program TOIEC CBT PROGRAM. Siswa SMK N Karangpucung yang mengikuti TES TOEIC ini berjumlah 16 anak. Tes ini dilaksanakan pada tanggal 9 November 2018 bertempat di laboratorium komputer 1. Tes tersebut diawasi langsung oleh pihak ITC yaitu  Siska Mustika melalui sambungan video call SKYPE dengan pihak SMK N Karangpucung yang diwakili oleh bapak Lilik Aji Permana,S.Pd. Sehingga pihak ITC bisa melihat langsung selama tes berlangsung. 

0 komentar:

Posting Komentar