Komunikasi Dalam Jaringan

KOMUNIKASI DALAM JARINGAN

Komunikasi dalam jaringan (komunikasi daring) adalah komunikasi menggunakan teknologi digital dengan sarana Internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien terbukti dengan  tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (misalnya Whatsapp, Line, Google Hangouts), e-mail (surat elektronik- surel) Facebook, dan Twitter. Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk memudahkan terjadinya komunikasi. Seseorang dituntut untuk cerdas memilih layanan daring yang sesuai dengan kebutuhannya.

Jenis Komunikasi Daring
  • Komunikasi daring sinkron (Serempak)
    Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, dan sejenisnya yang terkoneksi dengan internet sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).
  • Komunikasi daring asinkron (Tidak Serempak)
    Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.
Keunggulan Komunikasi Daring

Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut.

  • Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring, setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki sarana yang mencukupi.
  • Efisiensi biaya: berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemu tatap muka, dengan komunikasi daring Anda dapat menghemat biaya transportasi
  • Efisiensi waktu: komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupun kedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.
  • Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sambil melakukan komunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan layanan TIK lainnya untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yang dapat digunakan seperti berbagi layar, presentasi, dan dokumen.
  • Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi daring mendorong orang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya.
  • Meningkatkan partisipasi: dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi.


Kelemahan Komunikasi Daring

Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut.

  • Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring.
  • Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software
  • Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima.
  • Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.


Komponen Pendukung Komunikasi Daring

  • Perangkat Keras
    Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung lainnya.
  • Perangkat LunakProgram komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai jembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: Skype, Google Hangouts, web conference, dan sejenisnya.
  • Daya Nalar atau Akal
    Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.
KOMUNIKASI SINKRON

Pemanfaatan Komunikasi Sinkron
Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut :

Text chat, adalah sebuah fitur, perangkat lunak, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung menggunakan teks antara sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan internet). Komunikator dapat mengirim pesan dengan teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju (komunikan) membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.
Contoh layanan text chat antara lain Google Hangouts, Yahoo Messenger, Facebook chat, dll. Terdapat juga layanan text chat yang berbasis pesan (messenger) seperti Telegram messager, Whatsapp, Line, Kakao Talk, dll.

Video chat, merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda dengan syarat terkoneksi internet. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun Tablet atau smartphone. Video chatting terdiri dari 2 jenis yaitu berupa interaksi point-to-point (satu-satu) yang disebut video call dan interaksi multipoint (satu ke banyak atau banyak ke satu) disebut video conferences. Contoh aplikasi video call adalah seperti FaceTime. Skype, IMO, Facebook massager, LINE. We Chat dan Google Hangouts. Contoh aplikasi video conference seperti Google Hangouts, skype, facebook massager.

Tata Krama Komunikasi Sinkron
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan komunikasi sinkron agar tidak terjadi kesalahpahaman. Beberapa tata krama dalam komunikasi sinkron, khususnya video conference, antara lain sebagai berikut.

  • Periksa peralatan yang akan digunakan.
  • Hadirlah tepat waktu sesuai kesepakatan.
  • Dalam video conference, akan diminta untuk memasukkan nama pengguna.Gunakanlah nama asli, instansi/sekolah, dan lokasi yang benar, misalnya Andreseptian_SMK N Karangpucung. Hal ini akan memudahkan pengguna lain untuk mengetahui siapa lawan bicaranya.
  • Jika menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang, jangan sampai ada suara di sekitar yang mengganggu jalannya komunikasi. Jangan lupa menonaktifkan mikrofon jika sedang tidak digunakan.
  • Walaupun tidak bertatap muka dengan peserta lainnya, tetap gunakan pakaian yang sesuai dengan acara.
  • Perkenalkan diri sebelum berbicara, pastikan suara dapat terdengar oleh semua peserta.
  • Saat dipersilakan berbicara, teruslah berbicara. Jika terdapat masalah teknis, peserta lain atau moderator akan menginformasikannya.
  • Fokus pada diskusi, jangan melakukan aktivitas lain ketika sedang melaksanakan video conference.
KOMUNIKASI ASINKRON

Pemanfaatan Komunikasi Asinkron
Komunikasi daring asinkron atau komunikasi tidak serempak adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan jaringan internet dan dilakukan secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network) dan website. Didalam Bahan Ajar ini, hanya akan dibahas penggunaan e-mail sebagai salah satu bentuk komunikasi asinkron.
E-mail singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik, disingkat surel. Alamat e-mail merupakan bagian dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh layanan daring mensyaratkan kepemilikan e-mail untuk mengakses layanan tersebut.
a.       Pembuatan email
-          Alamat email
-          password
b.      Pembuatan dan pengiriman pesan
-          Title
-          CC
-          BCC
-          Body Teks
-          Attachment
c.       Pembacaan Email
-          Balas
-          Forward
Tata Krama komunikasi asinkron
Komunikasi merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang, sehingga perlu diperhatikan tata krama (etiket) dalam melakukannya. Pada komunikasi daring asinkron, kedua belah pihak tidak bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap terjadinya salah paham. Beberapa contoh tata krama (etiket) dalam meggunakan komunikasi asinkron, terutama di menuliskan informasi atau pesan antara lain sebagai berikut.

  • Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Bedakan pemilihan kata sesuai hubungan Anda dengan penerima pesan. Saat berkirim pesan pada guru atau atasan, gunakanbahasa yang formal. Saat berkirim pesan pada teman, dapat menggunakan bahasa yang lebih santai.
  • Tidak menggunakan jenis huruf (font) yang beragam. Gunakanlah font standar, dengan ukuran yang standar. Karena penggunaan font yang beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan mata
  • Kejelasan penulisan subjek, gunakanlah subjek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima e-mail.
  • Perhatikan penerima CC, dan perhatikan juga penerima BCC e-mail. Dianjurkan untuk mengirim CC ataupun BCC berdasarkan hak membaca e-mail tersebut.
  • Segera menanggapi pesan yang diterima. Beritahukanlah terlebih dahulu jika membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pesan.
  • Tidak meneruskan pesan yang tidak penting. Karena tidak semua orang menyukai lelucon, berita atau gambar yang dikirimkan.

145 komentar:

  1. Menurut saya, materinya sudah baik tetapi masih kurang. Karena tidak ada materi yang menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan komunikasi daring tersebut. Dan kalau ada materi itu, pembaca akan lebih paham mengenai komunikasi daring.

    Nama : Lukman Hakim (11)
    Kelas : X BDP 1

    BalasHapus
  2. Nama : khuri alfina (09)
    Kelas : X BDP 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya materinya sudah cukup lengkap hanya saja ada beberapa kekurangan seperti bagaimana cara melakukan komunikasi daring

      Hapus
  3. Materi nya singkat mudah di pahami
    Nama : dici kurniadi
    Kelas : X bdp 1
    no : 2

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Menurut saya materi ini sudah lengkap dan mudah dipahami dan bahasanya tidak berbelit belit


    Nama:Julian Siska
    Kelas: X BDP 1
    Absen:07

    BalasHapus
  6. Materinya sudah lengkap dan mudah dipahami
    Nama :putri rindiani
    Kelas:X bdp 1
    No :17

    BalasHapus
  7. Menurut saya materinya mudah dipahami dan jelas

    Nama:Setia Rahmania Arunita
    Kelas: X BDP 1

    BalasHapus
  8. Materinya sudah lengkap dan cepat untuk dipahami
    Nama : Windi Artika (34)
    Kelas : X BDP 1

    BalasHapus
  9. Nama:Putri diana lestari
    Kelas :X BDP 1
    No absen: 16
    Menurut saya menggunakan aplikasi telegram sangat mudah dan tidak sulit untuk di gunakan ,itu merupakan salah satu contoh komunikasi digital tetapi kita tidak mempelajari materi itu terlebih dahulu

    BalasHapus
  10. Menurut saya materinya sudah baik dan jelas , akan tetapi jika penyampaian materinya akan lebih bagus jika diiringi dengan praktek sehingga siswa/i bukan hanya faham tetapi juga menguasai tehnik nya dan di materi itu juga terdapat kekurangan seperti Langkah-langkah menggunakan komunikasi dalam jaringan

    Nama: Siti Annisyabania (29)
    Kelas : X BDP 1

    BalasHapus
  11. Materinya mudah dipahami
    Nama:Yuni Alfiah (35)
    Kelas:X BDP 1

    BalasHapus
  12. Menurut saya materinya mudah dipahami dan jelas

    Nama:Setia Rahmania Arunita
    Kelas: X BDP 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Sefia Rahmania Arunita
      Kelas :X BDP 1
      No:23

      Hapus
  13. Menurut saya Materinya mudah di pahami dan cukup lengkap
    Nama :Shela mutiara
    Kelas:X BDP 1
    No :28

    BalasHapus
  14. Menurut saya materinya mudah difahami dan jelas.

    Nama:Suci Delma Novitasari
    Kelas:XBDP1
    No absen:30

    BalasHapus
  15. Menurut saya materinya mudah difahami dan jelas.

    Nama:Suci Delma Novitasari
    Kelas:XBDP1
    No absen:30

    BalasHapus
  16. Menurut saya materinya mudah di pahami dan jelas

    BalasHapus
  17. Menurut saya, materinya sudah baik tetapi masih ada yang kurang. Karena tidak ada materi yang menjelaskan tentang bagaimana cara untuk melakukan komunikasi daring tersebut. Dan kalau ada materi itu, bagi pembaca akan lebih paham dan di mengerti mengenai komunikasi daring tersebut



    Nama : Nesy fitria
    Kelas: X BDP 1
    No Absen :12.

    BalasHapus
  18. Menurut saya materinya sudah baik dan jelas, menggunakan aplikasi telegram tidak terlalu sulit cukup mudah di mengerti, berkomunikasi dengan telegram yaitu salah satu contoh komunikasi dalam digital
    Nama :shafira Prameswari (27)
    Kelas:X BDP 1

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Menurut saya materinya mudah dipahami dan jelas.
    Nama : Dwi Rifani N.A
    Kelas : × BDP 1
    No absen : 05

    BalasHapus
  21. Nama:nia azzahra Anindita
    Kelas: X BDP 1
    No absen:13


    Menurut saya materi ini sudah lengkap dan mudah di pahami.

    BalasHapus
  22. Menurut saya materi nya sangat mudah di mengerti dan materi nya sangat jelas.
    nama : nuril nazar raisyah
    kelas: x bdp 1
    no absen :15

    BalasHapus
  23. Materi ini sangat bermanfaat
    Nama:Dwi Handayani
    Kelas:X BDP 1
    No absen:04

    BalasHapus
  24. Menurut saya materinya sudah baik,mudah dipahami dan jelas.
    Nama:Zainah Septiani
    Kelas:X BDP 1
    No Absen:36

    BalasHapus
  25. Nama: ROHANI
    kelas:X BDP 1
    No Absen:21
    Menurut saya materinya mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa lainnya tetapi lebih baik jika siswa mempraktekkan agar lebih paham.

    BalasHapus
  26. Nama: dini Ramadani
    Kelas: x bdp 1
    No. Absen: 03
    Menurut saya materinya sudah bagus

    BalasHapus
  27. Menurut saya materi ini mudah untuk di pahami oleh kalangan siswa,dan dapat memudahkan untuk berkomunikasi langsung.



    Nama:Tantri Nova S
    Kelas:X bsp 1
    No absen:31

    BalasHapus
  28. Nama : Agnes fitria
    Kelas : X BDP 1
    Absen : 1
    Menurut saya materi ini mudah dipahami dan dimengerti

    BalasHapus
  29. Nama:Selfi Agatri Pawenang
    Kelas:x BDP 1
    No Absen: 024
    Menurut saya materi ini kurang mudah dipahami

    BalasHapus
  30. Menurut saya materi nya baik akan tetapi masih ada yang kurang seperti tidak ada cara penggunaannya.

    Nama:Repi Haryani (18)
    Kelas : X Bdp 1

    Nama : Repi Haryani (18)
    Kelas : X Bdp 1

    BalasHapus
  31. Nama: juliana
    Kelas: x bdp 1
    No. Absen: 08
    Menurut saya halaman ini menjadikan siswa mudah dalam mendalami materi

    BalasHapus
  32. Nama:Rima nurul faidah
    kelas:X BDP 1
    No.Absen:19
    menurut saya materi ini sangat bagus
    dan mudah di pahami

    BalasHapus
  33. Menurut saya materi nya cukup mudah tetapi tidak ada cara untuk penggunaanya.

    Nama : Nina Amalia P (14)
    Kelas : X BDP 1

    BalasHapus
  34. Menurut saya materinya mudah d pahami rinci dan lengkap

    BalasHapus
  35. Nama:Larantia utari
    Kelas:X BDP 1
    No absen:10
    Menurut saya materinya mudah untuk di pahami

    BalasHapus
  36. Menurut saya materinya mudah dipahami dan jelas
    Nama. : Widya Astuti (33)
    Kelas :x bdp 1

    BalasHapus
  37. Menurut saya, materinya sudah baik tetapi masih kurang. Karena tidak ada materi yang menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan komunikasi daring tersebut. Dan kalau ada materi itu, pembaca akan lebih paham mengenai komunikasi daring.

    Nama :Riski Zaenuri Saputra
    Kelas :X Akl 2

    BalasHapus
  38. Menurut saya materinya sudah jelas,akan tetapi pada penjelasan komunikasi sinkron kurang dijabarkan lagi contoh dari komunikasi sinkronnya,sehingga jika ada siswa yang belum tau akan mengalami sedikit kesulitan.

    Nama : Rizki Nur Fadilah
    Kelas: X AKL 2

    BalasHapus
  39. Nama:Gilang Nur Fadilah
    Kelas:AKL2

    Menurut saya materi komunikasi daring ini mudah dipahami dan lengkap

    BalasHapus
  40. Materi sudah cukup jelas, hanya saja untuk melihatnya perlu menggunakan akses kuota.

    Nama: Qurrotu Aini
    Kelas: X AKL 2

    BalasHapus
  41. Materi yang ada dalam blog ini sudah cukup lengkap dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca, sehingga pembaca senang belajar dalam blog ini

    Nama: Teguh Prabowo (32)
    Kelas: X Akl 2

    BalasHapus
  42. karinarizkiianii@gmail.com6 Maret 2020 pukul 10.13

    Materi ini dapat meembatu sekali, terimakasih

    BalasHapus
  43. Menurut saya,materinya sudah cukup lengkap dan bahasanya mudah dipahami

    Nama : Elis Muslimah
    Kelas : X AKL 2

    BalasHapus
  44. Menurut saya materinya sudah bagus dan mudah untuk dipahami.Selain itu juga materi ini dapat membantu kami dalam pembelajaran.Makasih pak


    Nama : Diana Yuli Lestari
    Kelas: X AKL 2

    BalasHapus
  45. Menurut saya materi ini sangat jelas,fleksibel dan mudah difahami

    Nama:Meti
    Kelas:X Akl2

    BalasHapus
  46. Menurut saya materinya mudah di pahami dan sudah cukup jelas

    Nama:Lulu Dwiarti
    Kelas X AKL 2

    BalasHapus
  47. Menurut saya materi yang disampaikan sudah lengkap dan mudah dipahami

    Nama: Asih Widiyaningsih
    Kelas: X AkL 2

    BalasHapus
  48. Menurut saya materinya sudah jelas,akan tetapi pada penjelasan komunikasi sinkron kurang dijabarkan lagi contoh dari komunikasi sinkronnya,sehingga jika ada siswa yang belum tau sedikitpun tentang komunikasi sinkron maka akan mengalami sedikit kesulitan.

    Nama : Rizki Nur Fadilah
    Kelas : X AKL 2

    BalasHapus
  49. Nama:Kartika Nugraheni
    Kelas:X AKL 2

    Menurut saya materi komunikasi ini mudah di pahami dan penjabarannya jelas

    BalasHapus
  50. karinarizkiianii@gmail.com6 Maret 2020 pukul 10.18

    Nama: Karina Rizkiani
    Kelas:X Akal 2
    Materi ini sangat membantu saya, terimakasih

    BalasHapus
  51. Menurut saya, materinya sudah baik tetapi masih kurang lengkap karena tidak ada materi yang menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan komunikasi daring,Jika ada materi ini maka si pembaca akan lebih tahu dan lebih paham

    Nama: Ajeng Sekar Arum Hanafi
    Kelas: X AKL 2
    NoAbse:01

    BalasHapus
  52. Menurut saya materi nya sudah jelas dan mudah di pahami

    Nama :Sari Dwi Nuthasanah
    Kelas:X AKL 2

    BalasHapus
  53. Nama :Sharon indriana ibrahim
    Kelas: X AKL 2
    No. :31


    Menurut saya materi komunikasi dalam jaringan ini sudah cukup baik materi nya lengkap dan mudah di pahami

    BalasHapus
  54. Menurut saya materi ini jelas , fleksibel dan mudah difahami

    Nama:Meti
    Kelas:Xakl2

    BalasHapus
  55. Menurut saya materinya sudah baik, jelas dan mudah dipahami

    Nama: Septi Mela Sari
    Kelas: x akl 2

    BalasHapus
  56. Erisa della pramesti6 Maret 2020 pukul 10.24

    Menurut saya materinya lengkap dan mudah di pahami.


    Nama :Erisa Della Pramesti
    Kelas :X AKL 2

    BalasHapus
  57. Rizki Nur Fadilah6 Maret 2020 pukul 10.25

    Menurut saya materinya sudah jelas,akan tetapi pada komunikasi sinkron kurang dijabarkan lagi contoh dari komunikasi sinkronnya,sehingga jika ada siswa yang tidak tau sedikitpun komunikasi sinkron maka ia akan mengalami kesulitan.

    Nama : Rizki Nur Fadilah
    Kelas: X AKL 2

    BalasHapus
  58. Nama:Elvira Putri Anjani
    Kelas :X AKL 2

    Menurut saya materi komunikasi dalam jaringan ini mudah dipahami ,baik,dan jelas dan padat.

    BalasHapus
  59. Dwi anisa Fadilah6 Maret 2020 pukul 10.27

    Nama : Dwi Anisa Nur Fadilah
    Kelas : X AKL 2

    Menurut saya, materi tentang komunikasi daring ini sudah lengkap karena didalamnya terdapat

    BalasHapus
  60. Menurut saya materinya sudah lengkap dan mudah di pahami.




    Nama :Hartati
    Kelas :X AKL 2

    BalasHapus
  61. Nama:Kartika Nugraheni
    Kelas:X AKL 2

    Menurut saya materi ini mudah dipahami dan penjabarannya cukup jelas

    BalasHapus
  62. Materi lebih terperinci dan mudah untuk aiswa memahami


    Nama:Devi khovivah
    Kelas:x Akl 2
    No:03

    BalasHapus
  63. Nama : Dwi Anisa Nur Fadilah
    Kelas :X AKL 2

    Menurut saya, materi tentang komunikasi daring ini sudah lengkap karena didalamnya terdapat tentang kelemahan dan kelebihan tentang jenis-jenis komunikasi daring.

    BalasHapus
  64. Menurut saya materi ini jelas , fleksibel dan mudah difahami

    Nama:Meti

    BalasHapus
  65. Materi yang disampaikan sangat baik

    BalasHapus
  66. Menurut saya materinya sudah lengkap da mudah untuk di pahami.
    Nama. :ines seftiana
    Kelas :X AKL 2

    BalasHapus
  67. Nama:Titi Hartati
    Kelas:X AKL 2
    Menurut saya materi yang di sampaikan sudah jelas dan mudah di fahami dengan membaca materi tersebut saya bisa lebih mengetahui tentang komunikasi dalam jaringan yaitu komunikasi sinkron dan komunikasi asinkron

    BalasHapus
  68. Riski Zaenuri Saputra6 Maret 2020 pukul 10.31

    Menurut saya, materinya sudah baik tetapi masih kurang. Karena tidak ada materi yang menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan komunikasi daring tersebut. Dan kalau ada materi itu, pembaca akan lebih paham mengenai komunikasi daring.
    Nama : Riski Zaenuri Saputra
    Kelas : X Akl 2

    BalasHapus
  69. Diara herisnawati6 Maret 2020 pukul 10.31

    menurut saya materi tersebut lengkap.Penjelasan setiap materi jelas,rinci dan mudah dipahami,sehingga membuat siswa mudah memaham8 semua materinya.Terima kasih



    Nama:Diara Herisnawati
    Kelas:X AKL 2

    BalasHapus
  70. Nama : Rahayu Dian S
    Kelas : X Akl 2
    Absen : 23

    Materi nya mudah dimengerti:)

    BalasHapus
  71. Terimakasih atas materi yang telah bapak sampaikan. Materinya jelas sehingga mudah dipahami.


    Nama :Sekar Ardiyanti
    Kelas:X AKL 2
    No. :28

    BalasHapus
  72. Dwi anisa nur fadilah6 Maret 2020 pukul 10.33

    Nama :Dwi Anisa Nur Fadilah
    Kelas :X AKL 2

    Menurut saya, materi tentang komunikasi daring ini sudah lengkap karena didalamnya terdapat tentang kelemahan dan kelebihan tentang jenis-jenis komunikasi daring.

    BalasHapus
  73. Elvira putri anjani6 Maret 2020 pukul 10.33

    Nama : Elvira Putri Anjani
    Kelas: X AKL 2
    Menurut saya materi komunikasi dalam jaringan ini mudah dipahami ,baik,dan jelas dan padat.

    BalasHapus
  74. Sari dwi nurhasanah6 Maret 2020 pukul 10.34

    Nama : Sari Dwi Nurhasanah
    Kelas:X AKL 2
    menurut saya materimaterinya sudah jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  75. Menurut saya materinya sudah baik jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  76. Ajeng Sekar Arum Hanafi6 Maret 2020 pukul 10.37

    Menurut saya, materinya sudah baik tetapi masih kurang lengkap karena tidak ada materi yang menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan komunikasi daring,Jika ada materi ini maka si pembaca akan lebih tahu dan lebih paham

    Nama: Ajeng Sekar Arum Hanafi
    Kelas: X AKL 2
    NoAbsen:01

    BalasHapus
  77. Materi sudah cukup jelas, hanya saja untuk melihatnya perlu menggunakan akses kuota.

    Nama: Qurrotu Aini
    Kelas: X AKL 2

    BalasHapus
  78. Gilang Nur Fadilah6 Maret 2020 pukul 10.37

    Nama : Gilang Nur Fadilah
    Kelas : XAkl 2
    Absen : 12

    Mudah dipahamai dan jelas materinya

    BalasHapus
  79. Nama:Lulu Ambarwati
    Kelas:X akl 2
    Menurut saya materi nya sudah bagus dan dapat di pahami oleh orang lain dengan baik

    BalasHapus
  80. Nadia Mulya Tri A6 Maret 2020 pukul 10.39

    Menurut saya materi yang disampaikan sudah jelas dan memudahkan untuk belajar.

    Nama: Nadia Mulya Tri A
    Kelaa: X AKL 2

    BalasHapus
  81. Nama: selfiana sari
    Kelas: X AKL 2
    Materi ini sangat bagus lengkap dan mudah dimengerti. Materi saya sangat membantu. Terima kasih

    BalasHapus
  82. Materi sudah cukup jelas, hanya saja untuk melihatnya perlu menggunakan akses kuota.

    Nama: Qurrotu Aini
    Kelas: X AKL 2

    BalasHapus
  83. Menurut saya,materinya sudah cukup lengkap dan bahasanya mudah dipahami

    Nama : Elis Muslimah
    Kelas : X AKL 2

    BalasHapus
  84. Menurut saya sudah cukup ringkas dan mudah di pahami

    Nama:Lulu Dwiarti
    Kelas:X AKL 2

    BalasHapus
  85. Menurut saya materinya sudah cukup lengkap dan mudah dipahami
    Nama :ines seftiana
    Kelas:X AKL 2

    BalasHapus
  86. Nama:Lulu Ambarwati
    Kelas:x akl 2
    Menurut saya materinya sudah bagus dan dapat di pahami dengan baik

    BalasHapus
  87. dianayulilestari80@gmail.com6 Maret 2020 pukul 10.51

    Menurut saya materinya sudah bagus dan mudah dipahami. Selain itu juga materinya sangat membantu kami dalam pembelajaran,Makasih pak.

    Nama : Diana Yuli Lestari
    Kelas: X AKL 2

    BalasHapus
  88. Materi yang disampaikan sangat baik dan sangat membantu menambah wawasan tentang komunikasi daring

    Nama : salwa ayu wigati
    Kelas : X AKL 2

    BalasHapus
  89. Menurut saya materinya sudah cukup lengkap dan mudah di pahami.

    BalasHapus
  90. Winda sari ayunigsih6 Maret 2020 pukul 10.57

    Menurut saya materi ini sudah cukup dan mudah dipahami

    Nama: winda sari ayuningsih
    Kelas: X AKL 2

    BalasHapus
  91. Menurut saya materinya jelas dan dapat mudah dimengerti sehingga membuat pengetahuan semakin bertambah tentang komunikasi dalam jaringan

    Nama :Wima winasari
    Kelas:X akl 2

    BalasHapus
  92. Menurut saya materinya jelas dan dapat mudah dimengerti sehingga membuat pengetahuan semakin bertambah tentang komunikasi dalam jaringan

    Nama :Wima winasari
    Kelas:X akl 2

    BalasHapus
  93. Nama: risna listiyani
    Kelas: x akl 3
    Absen: 24

    Menurut saya materinya sudah bagus dan dapat dimengerti dan di pahami

    BalasHapus
  94. Nama:Yunda
    Kelas:X AKL 3
    Absen:36
    Menurut saya, sangat mudah dipahamin. Karena, menggunakan bahasa yg ringan.

    BalasHapus
  95. Menurut saya materi ini sangat membantu saya dalam pembelajaran, materi ini juga mudah dipahami dan cukup baik untuk dimengerti

    Nama: Mega Bunga Lestari
    Kelas: X AKL 3

    BalasHapus
  96. Menurut saya materinya sudah cukup lengkap dan sangat membantu dalam memperdalam materi tentang komunikasi daring,serta menambah wawasan bagi yang kurang mengerti.


    Nama : Hartika Esti Rahsanindya
    Kelas : X AKL 3
    No Absen : 11

    BalasHapus
  97. Nama:Yunda
    Kelas:X AKL 3
    Absen:36
    Menurut saya, sangat mudah dipahamin. Karena, menggunakan bahasa yg ringan.

    BalasHapus
  98. Nama: risna listiyani
    Kelas: x akl 3
    Absen: 24

    Menurut saya materinya sudah bagus dan dapat dimengerti dan di pahami

    BalasHapus
  99. Menurut saya materinya sudah cukup lengkap dan sangat membantu saya dalam memahami materi komunikasi daring.

    Nama:Isra sepira
    Kelas:X AKL 3
    Absen:13

    BalasHapus
  100. Fina permatasari9 Maret 2020 pukul 10.08

    Menurut saya materinya sudah cukup lengkap. Materi ini juga mudah dipahami.serta menambah wawasan bagi yang kurang mengerti.


    Nama :Fina permatasari
    Kelas:X AKL 3
    Absen:09

    BalasHapus
  101. Hartika Esti Rahsanindya9 Maret 2020 pukul 10.08

    Menurut saya materinya sudah cukup lengkap dan sangat membantu dalam memperdalam materi tentang komunikasi daring,serta menambah wawasan bagi yang kurang mengerti.


    Nama : Hartika Esti Rahsanindya
    Kelas : X AKL 3
    No Absen : 11

    BalasHapus
  102. Nama: risna listiyani
    Kelas: x akl 3
    Absen: 24

    Menurut saya materinya sudah bagus dan dapat dimengerti dan di pahami

    BalasHapus
  103. Menurut saya materinya sudah cukup lengkap dan sangat membantu saya dalam memahami materi komunikasi daring.

    Nama:Isra sepira
    Kelas:X AKL 3
    Absen:13

    BalasHapus
  104. Nama:Aeni Nur Safitri
    Kelas:X AKL 3

    Menurut saya materi nya sudah cukup lengkap dan mudah di pahami sehingga dapat memudahkan dalam proses belajar.

    BalasHapus
  105. Nama:Yunda
    Kelas:X AKL 3
    Absen:36
    Menurut saya, sangat mudah dipahamin. Karena, menggunakan bahasa yg ringan.

    BalasHapus
  106. Meliana istiqomah9 Maret 2020 pukul 10.11

    Nama :Meliana istiqomah
    Kelas:x akl 3
    Absen:18

    Menurut saya materi yang disampaikan tersebut sudah jelas dan bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami, sehingga membuat orang lebih cepat mengerti.

    BalasHapus
  107. Alfina Nurul Khofifah9 Maret 2020 pukul 10.17

    Alfina Nurul Khofifah
    Menurut saya, materi komunikasi daring sudah cukup lengkap dan bisa membantu saya dalam pembelajaran, serta bahasanya mudah di pahami dan di mengerti

    BalasHapus
  108. Menurut saya, materinya sudah lengkap. Tetapi gambarnya kurang memperjelas dalam penyampaian materinya.



    Nama : Salma As Sahra
    Kelas : X AKL 3
    Absen : 26

    BalasHapus
  109. Menurut saya materinya sudah lengkap dan mudah di pahami,menggunakan bahasa baku yang kosakata nya tidak ber Belit Belit.memudahkan siswa dalam mempelajari materi.

    BalasHapus
  110. Suci Nur Cahya 11 Maret 2020 11.31
    Menurut saya materinya sudah lengkap dan sudah mudah untuk dipahami oleh siswa. Panggunaan bahasanya juga sudah baik dengan menggunakan bahasa bakudan kosakata yang baik.

    BalasHapus
  111. Nama: Apriliana
    Kelas: X AKL 1
    No. Absen: 06
    Menurut saya materinya cukup baik, ringkas , bahasanya tidak terbelit-belit sehingga mudah dipahami siswa. Sekian terima kasih

    BalasHapus
  112. Misha Farah Nurdiana
    Menurut saya materinya bagus, dan cukup lengkap. Bahasanya mudah dimengerti dan tidak terlalu panjang penjelasannya sehingga tidak membingungkan

    BalasHapus
  113. Nama. :Rela Setia Ningrum
    Kelas. :X akl 1
    No.absen:22
    Menurut saya materi lengkap,bahasanya mudah dipahami.Sangat membantu saya dalam belajar .

    BalasHapus
  114. Misha Farah Nurdiana11 Maret 2020 pukul 11.43

    Menurut saya materinya bagus dan cukup lengkap, penjelasannya mudah dimengerti dan mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  115. Filina eka pangesti11 Maret 2020 pukul 11.43

    Menurut saya materi ini sudah lengkap dan mudah untuk dipahami oleh siswa.

    BalasHapus
  116. Subhan Adi Laksono11 Maret 2020 pukul 11.44

    Menurut saya materi ini sudah jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  117. Menurut saya materinya sudah lengkap,sehingga akan memudahkan para siswa untuk belajar.Bahasa yang digunakan juga tidak terlalu terbelit-belit.

    BalasHapus
  118. Isnaeni ambarwati11 Maret 2020 pukul 11.45

    Menurut saya materinya bagus,lengkap dan mudah dimengerti.Bahasanya yang mudah dapat membantu siswa dalam memahami materi.

    BalasHapus
  119. evi nur rohmawati11 Maret 2020 pukul 11.46

    Menurut saya,materinya sudah jelas dan dapat dipahami tetapi masih kurang lengkap lebih bagus apabila materi sinkron dapat dijabarkan,maka siswa dapat lebih mengerti dan paham.

    Nama : evi nur rohmawati
    kelas : x akl 1
    No absen : 11

    BalasHapus
  120. Menurut saya, materinya sudah baik tetapi masih kurang. Karena tidak ada materi yang menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan komunikasi daring tersebut. Dan kalau ada materi itu, pembaca akan lebih paham mengenai komunikasi daring.

    BalasHapus
  121. Tresna nurul hidayah11 Maret 2020 pukul 11.47

    Menurut saya materinya sudah lengkap dan mudah dipahami, bahasanya juga tidak berbelit belit

    BalasHapus
  122. Menurut saya materinya bagus, lengkap, ringkas, dan bahasanya tidak berbelit belit mudah untuk dipahami oleh siswa.

    BalasHapus
  123. Menurut saya materinya mudah dipahami dan lengkap ,sehingga dapat memudahkan dalam belajar. Bahasanya mudah dimengerti.

    BalasHapus
  124. Andhina Setyaningsih11 Maret 2020 pukul 11.49

    Menurut saya, materi nya cukup lengkap dan kalimat nya mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  125. Nama:Siti mutma'innah
    Kelas: Akl 1
    Menurut Saya, materinya udah bagus Dan penjelasnya mudah dimengerti.

    BalasHapus
  126. Azizah nurul salsabila11 Maret 2020 pukul 11.51

    Menurut saya materi yang disampaikan sudah sangat jelas, penataannya juga sudah sangat rapih menurut saya, jadi lebih enak untuk di lihat

    BalasHapus
  127. Menurut saya, materinya mudah dipahami dan jelas,tetapi kurang lengkap.seharusnya materi sinkron di beri contoh agar lebih dimengerti.

    BalasHapus
  128. Nama :Wilma Rostiana
    Kelas :X AKL 1
    No. Absen : 30
    Menurut saya materi nya sudah cukup jelas dan lengkap, bahasa nya mudah dipahami dan memudahkan siswa mempelajari materi.

    BalasHapus
  129. Nama :Susi Lestari
    Kelas :X Akl 1

    Menurut saya materi tentang komunikasi daring sudah cukup lengkap dan mudah dipelajari materinya karena menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami.Dan juga menambah pengetahuan kita tentang jejaring sosial.

    BalasHapus
  130. Menurut saya materinya lengkap dan juga mudah dipahami, sehingga untuk mempelajarinya lebih mudah dimengerti.

    BalasHapus
  131. Yulianti karima putri11 Maret 2020 pukul 11.55

    Menurut saya materi ini sudah lengkap. Bahasa nya juga mudah di pahami sehingga memudahkan pembaca dalam mencerna informasinya

    BalasHapus
  132. Manurut sayamaterinya sudah lengkap. Tapi gambarnya kurang mendukung. Dan materinya sudah menggunakan kata baku

    Nama:Suci Nur Cahya
    Kelas :X AKL 1
    No absen: 26

    BalasHapus
  133. Wafiq Aprilia Nursafitri11 Maret 2020 pukul 11.57

    Menurut saya, materinya sudah lengkap sehingga mudah dipahami dan penggunaan bahasanya sudah cukup baik.

    BalasHapus
  134. Menurut saya menggunakan aplikasi telegram sangat mudah dan tidak sulit untuk di gunakan ,itu merupakan salah satu contoh komunikasi digital tetapi kita tidak mempelajari materi itu terlebih dahulu.

    Aliya Rohani
    X AKL 1

    BalasHapus
  135. Feriska Khoerunnisa11 Maret 2020 pukul 11.58

    Menurut saya materinya lengkap dan mudah dipahami, bahasanya pun tidak terbelit-belit, sehingga dapat memudahkan siswa dalam belajar.

    BalasHapus
  136. Nama: Wulan Sustiyanti
    Kelas:X akl1
    Menurut saya materi nya sudah lumayan lengkap,tetapi terkadang ada kosakata yang belum diuraikan

    BalasHapus
  137. Desi ratna anjani11 Maret 2020 pukul 12.04

    Menurut saya materinya lengkap,bahasanya mudah dipahami dan mudah untuk diingat

    BalasHapus
  138. Menurut saya materinya cukup lengkap sehingga memudahkan saya untuk belajar simkomdig.

    Nama : Feby Amalia
    Kelas : X AKL 3

    BalasHapus
  139. Menurut saya materi ini sangat membantu saya.. Khususnya dalam komunikasi digital. Mudah dipahami dan dimengerti

    BalasHapus
  140. ILMA FATHURROHMAN12 Maret 2020 pukul 10.24

    ILMA FATHURROHMAN
    Kelas :X TBSM 1

    Menurut saya materi ini sangat membantu saya.. Khususnya dalam komunikasi digital. Mudah dipahami dan dimengerti

    BalasHapus
  141. Safina safitri
    X TBSM 1


    Menurut saya materinya jelas lengkap bahasanya cukup jelas sehingga sangat membantu untuk pembelajaran dan memudahkan dalam memahami

    BalasHapus
  142. Nama:vicka septianingsih
    Kelas:x bdp 1
    No.absen:32

    Menurut saya,materi ini mudah dipahami dan bisa memberikan pengetahuan tentang komunikasi dalam jaringan bagi yang belum memahamimya.

    BalasHapus
  143. Nama : Nia Khofifah Ikatul Janah
    Kelas: X AKL 2

    Penjelasan materinya jelas,bahasanya pun mudah dipahami. Ini sangat membantu saya yang baru belajar tentang komunikasi dalam jaringan,namun itu ada beberapa penjelasan yang kurang urut menurut saya,seperti yang di bagian awal kan itu sudah dijelaskan tentang jenis komunikasi daring yaitu ada sinkron dan asinkron,tapi ternyata di bawahnya lagi itu ada penjelasan lainnya lagi ternyata.

    BalasHapus